Mar
08
2021

Bagikan

Peringatan Hari Perempuan 2021


Selamat Hari Perempuan Internasional, Sobat Gerai Nusanatara...

Sejarah panjang perjuangan perempuan yang kita peringati hari ini berawal dari tahun 1909, ketika 15,000 pekerja menembus jalanan New York dan menuntun hak atas pemangkasan jam kerja, upah, yang lebih baik, dan hak untuk memilih.

Untuk perempuan adat, identitas mereka terbangun atas pengetahuan, otoritas dan wilayah kelola adat.  Sebagai pondasi penting dalam menjaga komunitas adat, mereka juga menjaga ekosistem alam di tempat mereka tinggal.  Selain itu, perempuan adat juga melanggengkan praktik kesenian, bahasa, pengobatan tradisional serta ritual-ritual adat. Karena transfer pengetahuan pertama dipekenalkan oleh seorang perempuan yang bernama ibu kepada anak-anaknya dan kemudian diwariskan dari generasi ke generasi.  Salah satu bentuk warisan leluhur adalah kegiatan menenun yang dikerjakan oleh perempuan pada sebagian besar masyarakat adat di nusantara.

Nenek Panggau salah satunya, yang foto beliau kami sematkan pada gambat ini.  Beliau adalah pemintal benang dari komunitas adat Sa'dan Toraja.  Dan kain yang dikenakan model berasal dari Kampung Dobo di wilayah adat Iantena, Kabupaten Sikka, NTT.

Dukung terus produk-produk masyarakat adat Nusantara yaaa.....



Picture Gallery