Oct
03
2019

Bagikan

Meet the Maker 14 hadir di Galeri MULA


Acara ini sudah berlangsung 14 kali sejak diinisiasi oleh beberapa orang dariartisan kriya (craft) dan wastra.  Meet the Makers tahun ini merupakan kali keempatnya diikuti oleh Gerai Nusantara.  Acara ini diselenggarakan di Galeri MULA - CITOS, tanggal 3-5 Oktober 2019 dengan tema TUNAS.   Setelah mengusung tema “SEMAI” dalam Meet the Makers sebelumnya, Meet the Makers 14 akan melanjutkan filosofi acara sebelumnya yaitu terus bertumbuh bersama seperti layaknya tanaman.  Acara ini spesifik untuk mempromosikan produk-produk kriya (kerajinan) dan wastra yang langsung mendatang sebagian besar artisannya untuk mendemokan proses pembuatan produk-produk mereka.

 

Ada 14 peserta pameran produk, sebagai berikut: Borneo Chic, Pekunden, Brahma Tirta Sari (Baraagung Collection), Tafean Pah, Marenggo Natural Dyes, Omah Batik SekarTuri, Wiru, Cinta Bumi Artisans, Imang Jasmine batik, Gerai Nusantara, Savu Weaver, Dame Ulos, Totem Jewellery, Ralsasam Tanimbar.

 

Setiap kegiatan pameran, Gerai Nusantara memanfaatkan sebagai ajang promosi dan mencari pelanggan potensial.  Kali ini, Gerai Nusantara menyiapkan produk inovasi yang siap pakai (ready to wear) untuk target konsumen urban. 

 

Produk yang dipersiapkan dalam pameran di event MtM tahun ini sebanyak 248 produk,meliputi jenis tenun ikat dalam bentuk kain lebar, syal maupun dalam bentuk table runner, aneka produk tas, kain dengan pewarnaan teknik celup (tie-dye), aneka produk asesoris, aneka keperluan dekorasi rumah dan pakaian perempuan dengan pewarnaan alam. Sebagai tambahan adalah kopi yang sudah dalam bentuk roasted beans. Adapun jenis kopi yang dibawa adalah jenis arabika dan robusta dari daerah Enrekang, Seko, Flores, Bali dan Bengkulu.

 

Pengunjung sangat antusias dengan acara pameran seperti ini karena banyak cerita dan pengetahuan lokal yang mereka peroleh dari peserta pameran. Biasanya pengunjung bukan hanya sekedar membeli produk saja. Meet the Maker kali ini ada kegiatan yang melibatkan partisipasi usia anak, yaitu membatik.

 

(RA/2019)



Picture Gallery