May
18
2018

Bagikan

GoodieBag Tenun Unik & Etnik


Produk tenun tangan identik dengan harga yang mahal tetapi sekarang tidak lagi identik seperti itu.  Saat ini, kita bisa menggunakan produk dari bahan tenun tangan dengan harga terjangkau.  Bukan karena tenunnya dicontek kemudian diprinting di percetakan lhooo.......... tapi Gerai Nusantara mengembangkan produk yang namanya GoodieBag Tenun.  Tenunnya langsung dibuat oleh kelompok penenun dari komunitas adat dari beberapa kampung di Indonesia. Dan kenapa harganya bisa terjangkau?  Itu karena Gerai Nusantara menggunakan tenunan sebagai aksen untuk produk yang dimaksud. 

 

Pemakai produk tersebut masih tetap gaya dengan tenun, juga masih bisa bercerita tentang filosofi dari proses pembuatan tenunnya meskipun hanya sepotong tenun.Penempatan tenun juga tidak boleh sembarangan karena ada pakemnya, ini yang wajib ditanyakan kepada penenunnya. 

 

GoodieBag Tenun memang biasanya digunakan sebagai tas untuk membagikan dokumen atau buku pada saat acara seminar atau training.  Produk ini bisa digunakan kembali sebagai tas belanja pengganti tas plastik yang biasanya diistilahkan dengan kresek.  Jadi lebih ramah lingkungan khan…..

 

Soal harga dapat disesuaikan dengan budget para pelanggan.  Penggunaan tenun dalam GoodieBag mempengaruhi harganya, begitu juga dengan kain kombinasinya apakah menggunakan kain kanvas atau kain blacu. 

 

Sebagai informasi, ada beragam teknik dalam pembuatan kain tenun.  Ada tiga teknik dasar yaitu pertama, menenun dengan motif sederhana, seperti garis-garis atau kotak-kotak.  Kedua, menenun dengan proses ikat dalam pembuatan motif pewarnaannya.  Ketiga, menenun dikombinasi dengan teknik songket, sehingga ada benang yang timbul sebagai motifnya.  Jadi songket itu bukan nama kain sebenarnya, tetapi istilah dari teknik menenun. Di daerah Sumba, istilah ini disebut Pahikung.  Di daerah Timor, istilahnya Sotis atau Lotis.   Di daerah Dayak Iban disebut Sidan. (RA/2018)



Picture Gallery